Site icon IKAHI Daerah Kaltimtara Website Resmi Ikatan Hakim Indonesia

5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik

5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik

Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik – Mengambil jurusan atau program studi merupakan salah satu hal yang krusial bagi calon mahasiswa. Menyadari hal tersebut, kami pun memberikan referensi 14 universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya.

Universitas Dengan Jurusan Teknik Kimia

Tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja simak penjelasan kami tentang universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik berikut rekomendasi kami.

1. Institut Teknologi Bandung

Dari daftar universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik di urutan pertama, kami merekomendasikan Teknik Kimia ITB. Departemen Teknik Kimia ITB merupakan bagian dari FTI (Fakultas Teknologi Industri) dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Pada tahun 2003, Jurusan Teknik Kimia ITB membuka jalur studi baru. Hal ini membuat jurusan Teknik Kimia kini terdiri dari tiga jalur studi baru.

Baca juga: 5 Daftar Prodi Ketat SNBP Tahun 2023

Ketiga jalur studi tersebut meliputi TKU (Teknologi Kimia Umum), BP (Bioproses), dan TP (Teknologi Pangan). Program Studi Teknik Kimia membutuhkan keterampilan dasar berupa pengetahuan Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi (khusus untuk jalur studi bioproses dan teknologi pangan).

2. Universitas Indonesia

Berikutnya dalam daftar universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik adalah Universitas Indonesia. Kampus UI terletak di Depok, Jawa Barat. Departemen Teknik Kimia UI merupakan bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Teknik Kimia UI telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2010.

Untuk Program Studi S1, Teknik Kimia UI juga menyelenggarakan program fast track. Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dimungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan sarjana dan pascasarjana dalam waktu paling singkat 5 tahun. Sehingga bisa dikatakan jauh lebih singkat dari masa studi kurikulum reguler.

3. Universitas Gadjah Mada

Selanjutnya kita akan membahas Universitas Gadjah Mada dalam urutan universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik. Kampus UGM terletak di Yogyakarta. Teknik Kimia UGM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, Departemen Teknik Kimia UGM juga berhasil mendapatkan akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (IChemE).

Tokoh berpengaruh lulusan teknik kimia UGM adalah Prof. Panut Mulyono yang pernah menjabat sebagai Rektor UGM.

4. Institut Teknologi 10 November

Selanjutnya ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang juga merupakan bagian dari universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik. Kampus ITS terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Program studi atau jurusan Teknik Kimia ITS telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan saat ini juga disertifikasi oleh AUN QA, sebuah badan sertifikasi se-ASEAN.

Mahasiswa Teknik Kimia ITS berprestasi. Seperti menjadi runner up mewakili ITS Student Petroleum Engineer Chapter di India. Selain itu, Departemen Teknik Kimia ITS juga menghasilkan alumni yang berpengaruh di dunia industri dan pemerintahan. Sebut saja Dwi Sucipto yang merupakan Dirut PT Semen Indonesia dan Dirut PT Pertamina.

Saat ini Jurusan Teknik Kimia menjalin kerjasama dengan perusahaan BUMN dan swasta. Diantaranya adalah BUMN seperti PT. PLTU Jawa-Bali, PT Pertamina (PERSERO) dan PT Petrokimia Gresik.

5. Universitas Sebelas Maret

Masih dalam daftar universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik, Universitas Sebelas Maret Surakarta juga masuk dalam daftar ini. Kampus UNS memiliki banyak peminat di jurusan lain, tidak hanya Teknik Kimia. Selain itu, jurusan Teknik Kimia UNS telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan bisa menjadi salah satu pilihan Anda jika ingin kuliah di Surakarta dan mengambil Program Studi Teknik Kimia.

 

Exit mobile version