Assalamulaikum wr wb, salam sejahtera, om swastiastu, namo budaya, salam kebajikan

Dengan mengucapkan Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan, kekuatan, dan keberkahan sehingga dapat menjalani berbagai kegiatan hingga saat ini.

Informasi tidak dapat dipungkiri berperan sangat urgen dalam pengembangan operasionalisasi organisasi untuk terwujudnya tujuan dengan berbagai program yang telah ditetapkan. Untuk itu tak ketinggalan IKAHI Daerah Kaltimtara berupaya  menyediakan sarana informasi berupa “Website IKAHI Daerah Kaltimtara” berfungsi untuk mempublikasikan profil dan berbagai kegiatan organisasi yang diperlukan bagi anggota dan masyarakat luas, terutama pengguna pengadilan. Diluncurkannya “Website IKAHI Daerah Kaltimtara” pada hari ini Selasa, tanggal 28 Januari 2020 merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Musyawarah Daerah Ikatan Hakim Indonesia Daerah Kaltimtara Ke-2, Nomor : 06/MUSDA-IKAHI KALTIMTARA/X/2019, tanggal 18 Oktober 2019 tentang Pengesahan Program Kerja Ikatan Hakim Indonesia Daerah Kaltimtara masa bakti 2019-2022, pada huruf B. BIDANG HUMAS, DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI angka 2. Mengadakan Website IKAHI Daerah Kaltimtara tersendiri.

Organisasi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Daerah Kaltimtara merupakan wadah profesi Hakim Indonesia yang melaksanakan tugas di pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara untuk menyampaikan pendapat, informasi, publikasi, hubungan dengan institusi dan kerjasama dengan luar negeri serta berbagai kegiatan lain yang telah diatur dalam “Program Kerja” mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. http://ikahi-daerah-kaltimtara.com

Hakim Indonesia sebagai Pejabat Negara memiliki peranan strategis dan dinamis untuk melaksanakan penegakan hukum yang memenuhi harapan masyarakat sebagai pemegang dan pelaksana amanah “Kekuasaan Kehakiman” yang harus dijunjung tinggi demi tegaknya hukum yang bernafaskan kebenaran dan keadilan dalam melindungi hak-hak asasi pencari keadilan. Hakim dituntut untuk selalu menjaga citra, wibawa, martabat, dan tanggung jawab yang berdedikasi tinggi dalam tugas pengabdiannya kepada Negara Hukum Republik Indonesia. Tantangan dalam menghadapi pesatnya perkembangan Teknologi Informasi selama ini dan menyongsong masa depan harus menjadi pemacu semangat dan tanggung jawab bagi Hakim untuk melaksanakan berbagai aplikasi yang diluncurkan oleh Mahkamah Agung RI, seperti : Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan e-Court (e-Filing, e-Payment, dan e-Summons). Terakhir yang harus diterapkan dalam proses pelaksanaan persidangan di pengadilan dikenal dengan e-Litigation atau e-Litigasi. Diprogramkan pada tahun 2020 dapat terlaksana secara optimal, khususnya untuk 13 (tiga belas) Pengadilan Negeri pada wilayah Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur.

Untuk percepatan terwujudnya peradilan modern di Indonesia diperlukan dukungan perangkat sarana dan prasarana teknologi tinggi serta peningkatan kualitas dan kecukupan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi program prioritas. Tentu diperkuat oleh Hakim Indonesia yang profesional, idealis, dan memiliki sikap perubahan positif tentang mekanisme kerja, pola piker (mindset), dan budaya kerja (culture set) yang berkomitmen selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta kemandirian dalam berperan serta pada pembangunan hukum nasional untuk meningkatkan lembaga peradilan yang disegani dan dihormati oleh siapa pun dan apa pun.

Samarinda, 28 Januari 2020

IKAHI  DAERAH KALTIMTARA

KETUA

 

 

MAS HUSHENDAR, S.H., M.H.